Anak Diare? Obati Dengan Ini

By | October 16, 2017

tips kesehatanDiare merupakan masalah yang cukup serius terutama bagi anak-anak. Bagi Anda para Ibu, sangat penting untuk mengetahui kesehatan anak Anda. Umumnya anak-anak buang air besar maksimal 3 kali sehari dan sedikitnya setiap 3 hari. Sementara itu bentuk feses tergantung pada kandungan air yang ada di dalam feses. Normalnya, bentuk feses seperti pisang, namun jika bentuknya cair atau lembek, maka hal tersebut dapat menunjukkan tanda-tanda diare. Jika anak Anda BAB dan fesesnya lebih encer dan juga lebih sering dari pada biasanya maka artinya anak Anda terkena diare. Selain itu feses yang terindikasi diare juga dapat mengandung darah dan juga lendir.

Cara Mengobati Diare

Ketika diare menyerang artinya tubuh mengalami kehilangan cairan, oleh karena itu Anda harus segera mengganti cairan yang hilang. Untuk mengganti cairan yang hilang pada anak, dapat dengan cara infus atau dengan melalui mulut yaitu diminum. Kemudian porsi makan yang diberikan pada anak juga harus memenuhi kebutuhannya. Kemudian hindari penggunaan antibiotik ketika anak Anda diare, karena pemberian antibiotik hanya akan membuat diare anak Anda menjadi kronik. Jika anak balita yang mengalami diare, maka Anda harus memberinya minum paling tidak 10 mililiter per kg berat badan anak. Kemudian Anda juga dapat memberikan oralit. Anak akan membaik jika mempunyai kesadaran yang membaik, mulut dan bibir mulai basah, mulai banyak buang air kecil dan rasa haus mulai menghilang.

Namun jika diare masih terus berlanjut maka Anda harus membawa anak Anda ke dokter. Tanda-tanda jika diare belum sembuh yaitu muntah masih terus berlanjut, terjadi mencret hebat dan terdapat tanda-tanda dehidrasi seperti mata cekung, tangan dan kaki dingin, turgor kurang dan tidak sadar. Pencegahan diare dapat dilakukan dengan memutus rantai penularan diare. Untuk mencegah diare, Anda dapat menyiapkan makanan yang sehat, bersih dan bergizi. Kemudian Anda juga harus memperhatikan air minum yaitu yang bersih. Sebelum makan, Anda juga harus cuci tangan terlebih dahulu. Kemudian sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan termasuk membuang sampah pada tempatnya dan membasmi lalat.

Related posts: