Cara Menangani Luka Bakar

By | September 11, 2017

tips kesehatanLuka bakar merupakan salah satu luka yang diakibatkan oleh benda ataupun sesuatu yang bersifat panas dan menempel pada kulit. Biasanya luka ini juga akan menyebabkan kulit yang terkena luka akan terasa panas dan juga perih, bahkan terkadang menimbulkan luka memar, kulit yang mengelupas bahkan memerah. Jika luka bakar ini tidak segera diobati dan juga ditangani, maka biasanya luka bakar ini lama kelamaan akan membekas dan butuh waktu lama untuk menghilangkan bekasnya. Ada beberapa jenis luka bakar seperti luka bakar yang hanya mengenai lapisan epidermis dan biasanya hanya akan membuat kulit berwarna merah serta berisi cairan yang bernama plasma, kemudian jenis luka bakar yang lebih dalam bahkan bisa membuat rasa yang cukup sakit, lalu jenis luka bakar yang sudah sampai mengenai syaraf bahkan sudah menyebabkan luka bagian luar yang cukup besar.

Penanganan Luka Bakar Menurut Jenisnya

Untuk penanganan bagi seseorang yang terkena luka bakar tentu saja harus menyesuaikan dengan benda apakah yang membuat mereka memiliki luka bakar tersebut. Nah, beberapa contohnya yaitu:

  1. Luka bakar terkena knalpot.

Hal ini sering kali terjadi kepada banyak orang, apalagi ketika mereka tidak sengaja mengenai knalpot yang masih panas. Biasanya banyak orang yang akan langsung mengoleskannya dengan menggunakan pasta gigi, akan tetapi cara ini adalah hal yang salah. Anda hanya perlu menyiramkan air yang mengalir kurang lebih 10 sampai 20 menit.

  1. Luka bakar tersiram air panas.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama yaitu dengan menyiramkan air langsung dari kran selama beberapa waktu dan jika sudah, maka selanjutnya Anda bisa mengompres luka yang terkena air panas tersebut dengan menggunakan kain yang sudah diberi obat rivanol.

  1. Luka bakar terkena api.

Luka bakar ini tentu merupakan luka yang paling tinggi, maka dari itu Anda bisa membawanya secara langsung ke rumah sakit. Karena jika menyiramkannya dengan air maupun mengoleskan sesuatu ke kulit tersebut justru akan memperparah keadaan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika memiliki luka bakar menurut benda yang membuat kulit Anda terbakar seperti terkena knalpot, tersiram air, dan terkena api.

Related posts: