Artikel kali ini akan membahas mengenai makanan selingan yang sering dijajakan di sekitar lingkungan belajar dan bermain anak, seperti penjualan makanan selingan di sekitar sekolah. Anak-anak memiliki naluri yang tinggi untuk bermain dan mencoba. Namun, sepertinya sekarang jarang ditemui anak-anak yang menghabiskan waktu kecilnya untuk bermain di luar ruangan terutama anak perkotaan. Beberapa pihak ada yang beranggapan jarangnya anak bermain di luar rumah dapat membuat daya kesehatannya malah lebih lemah dan mudah terserang penyakit. Mengapa demikian? Kurang dalam melakukan aktivitas fisik membuat kalori yang Anda dapat dari makanan hanya akan ditimbun tubuh dan akhirnya membuat obesitas pada anak. Lain halnya bila anak main di luar rumah dan melakukan aktivitas seperti berlari-lari, tentunya kalori yang masuk ke dalam tubuh akan terbakar menjadi energi.

Ajarkan Anak Untuk Memilih Jajanan yang Sehat Mulai Dari Sekarang

Tapi jika Anda termasuk tipe orang tua yang membolehkan anak Anda jajan makanan di luar maka dari sejak dini Anda perlu mengajarkan cara memilih jajanan yang sehat agar anak Anda dapat terhindar dari penyakit saluran pencernaan. Tentunya Anda tidak dapat selalu mengikuti ke mana saja anak Anda main, namun bila telah dididik cara memilih jajanan yang sehat sejak dini maka anak akan terbiasa dan kesehatannya pun terjamin. Setiap orang tua tentunya ingin selalu melihat keceriaan anak dengan tumbuh kembang yang normal.

Asupan makanan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak misalnya saat mengandung jangan sampai Anda kekurangan asupan asam folat karena sangat berpengaruh pada pertumbuhan otak janin. Apalagi ketika sudah memasuki fase anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, perlu asupan makanan bergizi untuk mendukung keaktifan anak. Tak sedikit jajanan di luar sana yang dijual dengan kandungan boraks, formalin, pewarna berbahaya dan sebagainya. Berikut ini tips dalam memilih jajanan sehat yang perlu Anda ajarkan kepada anak-anak Anda.

  • Pilih jajanan yang tertutup dan kalau bisa dalam keadaan sudah dikemas dengan baik dan benar.
  • Pilih jajanan yang tidak dijajakan di pinggir jalan dalam keadaan tidak tertutup, karena dapat menyebabkan kontaminasi dengan gas buang kendaraan bermotor.
  • Patut curiga bila suatu makanan memiliki warna yang terlalu cerah.

Related posts: