Manfaat Bawang Putih Untuk Wasir

By | October 8, 2017

tips kesehatanWasir atau ambeien adalah salah satu penyakit yang cukup menyiksa saat kambuh. Gangguan pada anus ini sering membuat penderita merasa tidak nyaman saat duduk terlalu lama. Saat ini sudah banyak obat untuk mengatasi wasir yang sudah tersebar di apotek. Namun jika Anda enggan menggunakan obat-obat kimia dapat menggunakan cara alami salah satunya menggunakan bawang putih. Bawang putih yang lebih banyak dikenal sebagai bumbu masakan ini ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai beberapa obat herbal salah satunya mengobati wasir atau ambeien. Kandungan alisin dalam bawang juga akan sekaligus berperan sebagai antibiotik dan juga menurunkan tekanan darah serta antioksidan. Saat bawang putih  dipotong dan ditumbuk maka kandungan alisin dapat berubah menjadi asam propanasulfonat.

Cara Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih

Bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai obat wasir dengan cara dimasukkan langsung di dubur untuk menghilangkan wasir. Bawang putih dapat mengurangi radang dan menguatkan pembuluh darah yang sudah rusak serta membunuh kuman penyakit di sekitar rektum. Sementara kandungan astringent dapat menyembuhkan pembuluh dinding yang rusak. Bawang putih juga dapat membersihkan sistem pencernaan. Cara mengobati wasir dengan bawang putih ini bisa dengan 2 cara yakni dengan mengkonsumsinya agar meredakan gatal, sakit dan iritasi akibat hemoroid. Cara penggunaannya yakni dengan menumbuk bawang halus lalu diamkan hingga 10 menit supaya alisinnya keluar. Jika sudah bisa langsung Anda menelannya secara langsung sambil makan atau minum supaya bau tidak menyengat.

Cara yang kedua yakni dengan cara memasukkan ke anus, cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengupas 1 siung bawang putih yang berukuran kecil lalu lumuri menggunakan minyak zaitun atau juga minyak kelapa kemudian masukkan di anus secara perlahan diamkan saat menjelang tidur. Biarkan hingga semalam dan saat sudah BAB akan keluar dengan sendirinya. Lalukan cara ini seminggu 3 kali agar lebih maksimal.  Namun perlu diingat bahwa bawang putih juga memiliki efek samping seperti menyebabkan bau mulut, alergi dan juga sakit perut. Sekian ulasan kali ini semoga bermanfaat.

Related posts: