Manusia tidak lagi menjalani kehidupan seperti jaman dahulu. Saat ini sudah menjamur makanan instan atau cepat saji dan soft drink yang terbukti kurang baik bagi kesehatan. Selain itu pola hidup manusia jaman sekarang juga berbeda dari manusia jaman dahulu. Sekarang ini meninggalkan sarapan pagi adalah hal biasa, begadang juga merupakan hal yang biasa. Padahal hal-hal tersebut jelas sangat berdampak bagi kesehatannya. Dengan adanya perubahan pola hidup, pola makan yang kurang diperhatikan, stress, beban berat dan aktivitas seringkali menimbulkan penyakit maag. penyakit tidak menular tersebut di Indonesia angkanya kian bertambah.  Gastritis atau yang lebih dikenal dengan nama maag dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Penderita gastritis dapat merasa mual-mual, muntah, rasa terbakar di perut bagian atas dan sendawa. Penyakit ini harus segera diobati agar tidak membawa ke penyakit yang lebih kompleks.

Yuk Belajar Pola Hidup Sehat

Menurut WHO, angka kejadian gastritis di Indonesia adalah 40,8%. Kemudian menurut profil kesehatan di Indonesia pada tahun 2010, gastritis termasuk dalam 10 besar penyakit yang banyak terjadi pada pasien rawat inap di rumah sakit. Oleh karena untuk menghindari penyakit ini sebaiknya Anda mengupayakan hidup sehat dan pola makan yang sehat. Olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem imun, hal ini akan sangat baik bagi kesehatan. Jika Anda mempunyai penyakit maag, maka sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang pedas dan asam, selain itu Anda juga perlu menghindari makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung seperti kopi, teh, coklat, durian, keju dan lain-lain.

Olahraga yang sangat baik bagi penderita maag adalah renang dan juga yoga. Olahraga yang pelan tersebut sangat baik bagi penderita. Anda dapat melakukan olahraga seminggu dua kali atau minimal seminggu sekali. Sementara itu makanan yang baik bagi penderita maag antara lain bubur sagu, makanan yang direbus seperti jagung, tahu, siomay, dimsum, kentang dan lain-lain. Untuk cemilan tambahan Anda dapat memasak cilok sendiri tanpa diberi msg. Demikian informasi mengenai tips untuk mencegah penyakit asam lambung datang, semoga bermanfaat.

Related posts: