Jantung merupakan organ vital yang fungsinya sebagai pusat aliran darah pada tubuh. Jantung yang baik akan memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Namun, jika mengalami gangguan jantung tidak akan bekerja dengan baik dan bahkan akan menimbulkan beberapa masalah. Salah satu masalah yang sering menyerang manusia adalah penyakit jantung koroner. Apa itu jantung koroner? Apa saja ciri ciri jantung koroner? Apa penyebabnya? Bagaimana pencegahannya? Bagaimana pengobatannya? Semua ini akan coba kita bahas secara singkat dan jelas agar kita semua dapat lebih mengerti apa itu jantung koroner dan segala hal yang berhubungan dengan itu.

Apa Itu Jantung Koroner?

Jantung koroner adalah kondisi dimana terdapat tumpukan kolesterol, lemak, ataupun zat lainnya di pembuluh darah. Jika tumpukan zat tersebut semakin menebal atau banyak, aliran darah ke jantung akan semakin sulit. Akibatnya otot pada jantung tidak dapat mendapatkan darah atau juga oksigen yang diperlukan. Ketika jaringan mengalami kurang asupan, tentu akan terjadi nyeri dada. Dan nyeri dada ini merupakan salah satu ciri ciri jantung koroner yang paling sering kita jumpai dan paling mudah dideteksi.

Penyebab Jantung Koroner

Pada dasarnya, penyebab jantung koroner sangat banyak dan berhubungan erat dengan pola hidup kita. Namun ada beberapa penyebab yang wajib kita ketahui agar diusahakan kita dapat menghindarinya. Apa saja ya?

  1. Riwayat Keluarga
  2. Kolesterol
  3. Tekanan Darah Tinggi
  4. Obesitas
  5. Diabetes
  6. Merokok
  7. Usia

Bagaimana Cara Mencegah Jantung Koroner?

Cara mencegah agar terhindar dari jantung koroner sebenarnya sederhana, asal saja sesuai dengan aturan dan dapat menjalankannya secara rutin walaupun bertahap. Mulai dari membiasakan diri untuk hidup dengan sehat dan selalu rutin menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. Hidup sehat berarti pula hidup dengan menjalankan pola makan yang sehat. Berdasarkan ciri ciri jantung koroner, jika seseorang telah mengidapnya kemungkinan untuk sembuh sangatlah kecil, walau bisa dibilang masih fifty-fifty. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Biasanya jika sudah berurusan dengan organ tubuh bagian dalam, uang yang harus dikeluarkan lumayan loh. Karena pastinya alat-alat bantu dan juga yang menangani kasus seperti ini bukan sembarang orang, dan yang jelas peralatannya canggih.

Related posts: