Dalam dunia komputer, data adalah hal vital yang sangat dibutuhkan. Data menjadi bagian penting bagi para pengakses informasi tertentu. Jika sebuah data hilang, maka yang terjadi adalah kegaduhan. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah layanan yang disebut cloud server. Apakah itu? Lantas, bagaimana fungsi dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya.

Inilah Pengertian Dan Peranan Server ‘Awan’

Memang bila diterjemahkan, nama server yang satu ini merupakan server yang berada di awan. Maksudnya, server yang digunakan untuk menampung berbagai macam data melalui jaringan internet. Dengan server ini, Anda tidak perlu lagi membutuhkan penyimpanan data yang dapat diakses secara fisik seperti flashdisk maupun CD/ DVD tetapi dapat langsung diunggah ke dalam situs penyedia server ini.

Keberadaan server awan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an. Waktu itu, para pakar teknologi informasi memprediksi di masa depan, akan muncul sebuah sistem yang memungkinkan adanya layanan komputasi seperti telepon. Tahun 1990-an, ide tersebut mulai direalisasikan dengan hadirnya konsep Application Service Provider yang memungkinkan adanya pengelolaan data yang dilakukan secara terpusat. Sekitar tahun 1995, muncullah sebuah konsep yang mengatakan jika sebuah aplikasi tidak seharusnya dipasang pada komputer karena berefek buruk pada performanya. Akan lebih baik jika hal tersebut digantikan dengan sebuah terminal utama berupa server. Baru pada era 2000-an, cloud server mulai menunjukkan eksistensinya dimana saat itu jaringan internet sedang menunjukkan tren perkembangan yang positif. Seiring perkembangan teknologi, kini sudah begitu banyak server awan bertebaran di internet.

Penggunaan server ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh konkretnya, yakni ketika Anda memiliki sebuah data yang tidak ingin disimpan di komputer pribadi. Anda dapat mengunggahnya ke sebuah portal penyimpanan yang terhubung dengan salah satu mesin pencari terbesar yang ada di internet. Ketika Anda membutuhkan file tersebut, Anda tinggal mengunduhnya tanpa membuatnya hilang. Dengan demikian, data yang disimpan pada sistem cloud server ini lebih aman dari berbagai risiko kehilangan maupun kerusakan.

Related posts: