Kopi adalah salah satu minuman yang sangat disukai oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia. Kebanyakan orang akan mengonsumsi kopi untuk menambah semangat di pagi hari sebagai sarapan dan juga teman lembur pada malam hari. Bukan tanpa alasan, kopi adalah teman yang cocok untuk begadang karena memang kandungan kafein didalamnya yang dapat mengusir rasa kantuk. Kandungan kafein dapat menstimulasi otak agar bekerja lebih keras sehingga menimbulkan rasa semangat dan segar.

Tanda-tanda Kecanduan Kafein

Bukan hanya kopi, jenis minuman yang memiliki kandungan kafein, m teh hitam, beberapa minuman berenergi dan coklat juga mengandung kafein. Tidak ada salahnya mengonsumsi minuman mengandung kafein untuk membuat kita semangat dan lebih segar. Jika konsumsi kafein sudah melebihi batas dan membuat kecanduan,  tentu hal tersebut bukanlah hal yang baik.

Seseorang yang sudah terlalu candu terhadap kafein akan merasa pusing ketika tidak mengonsumsinya. Intensitas konsumsi kafein juga kian bertambah setiap harinya. Tanda lain diantaranya akan timbul rasa gelisah, cemas dan uring-uringan ketika sehari saja tidak mendapat asupan kafein.  Sulit berkonsentrasi ketika tidak ada kafein yang menemaninya bekerja juga merupakan tanda lain dari kecanduan kafein.

Menghentikan Candu Kafein

Konsumsi kafein yang berlebihan tentu akan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh. oleh karena itulah, rasa candu terhadap kafein harus segera diatasi. Salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah kafein yang dikonsumsi setiap harinya. Batasi kafein yang dikonsumsi dengan menggantinya dengan minuman jenis lain yang tidak mengandung kafein. Air putih adalah pilihan terbaik untuk menggantikan kafein.

Cara lainnya dapat dilakukan dengan melakukan olahraga teratur. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga membuat tubuh menjadi lebih bertenaga. Efek tersebut adalah efek yang sama ketika mengonsumsi minuman mengandung kafein, sama-sama membuat tubuh lebih bertenaga. Setelahnya, pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup agar dapat kembali bertenaga ketika bangun nanti. Selain itu, dengan melakukan istirahat yang cukup ketergantungan terhadap kafein juga dapat teratasi secara perlahan. Cara yang telah disebutkan akan berhasil jika Anda benar-benar ingin menghentikan rasa candu Anda terhadap kafein.

Related posts: