Siapa bilang untuk menjadi sukses harus merantau dulu ke kota besar? Atau harus mempunyai bisnis di kota? Nyatanya, banyak orang dari desa yang sukses. Menjadi sukses di dunia bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Jadi, Anda tidak perlu pergi ke kota besar untuk berbisnis. Bahkan Anda pun bisa berbisnis di desa.

Jenis Usaha Yang Bisa Dilakukan Di Desa

Jadi, Anda jangan langsung percaya bahwa Anda tidak akan bisa sukses jika berbisnis di desa. Berikut ini kami berikan rekomendasi usaha yang bisa Anda lakukan di desa.

  1. Toko sembako

Toko sembako adalah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, bahan makanan, bumbu masak, sampo, sabun, detergen, dan lain-lain. Toko sembako memang selalu menjadi pilihan yang aman jika ingin berbisnis di desa. Karena kebutuhan sehari-hari manusia pasti harus dipenuhi juga. Jadi, toko sembako Anda pasti akan laku. Meskipun banyak yang memandang sebelah mata akan usaha toko sembako, namun kenyataannya semua toko sembako pasti akan selalu kedatangan pembeli tiap harinya. Toko sembako memang sederhana namun kehadiran toko sembako di desa sangatlah penting. Keuntungan yang didapat dari toko sembako tidak bisa dianggap remeh. Usaha ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga atau mungkin pensiunan yang masih aktif ingin bekerja. Untuk membeli kebutuhan rumah tangga, maka Anda bisa belanja grosir di daerah perkotaan karena harganya lebih murah. Sedangkan untuk bahan makanan, Anda bisa bekerja sama dengan penjual ayam, nelayan, dan juga petani di desa Anda. Membeli produk di tangan pertama pasti akan lebih murah.

  1. Ternak ayam

Bisnis ini walaupun terkesan tidak elit, namun bisa menguntungkan. Hampir semua orang menyukai ayam dan ayam juga terjangkau sehingga banyak yang membelinya. Telur ayamnya pun juga bisa Anda jual sehingga semakin menguntungkan. Anda bisa menjual ayam dan telurnya ke berbagai rumah makan atau toko sembako. Karena Anda menjual dua produk, tentu saja keuntungan yang Anda dapatkan semakin berlimpah, bukan?

Itu dia 2 usaha yang bisa Anda jalani di desa.

Related posts: